Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta Mengikuti Program E-Learning SCELE UI

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta Mengikuti Program E-Learning SCELE UI

Belajar bagi seorang mahasiswa tidak selamanya harus bertatap muka secara langsung dengan dosen atau gurunya. Inilah yang terjadi pada beberapa mahasiswa pada program studi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semester lalu, bulan September 2017 mereka mengikuti kelas  pembelajaran e-Learning. Kerja sama ini didukung dan didanai sepenuhnya oleh Kementerian Riset dan Teknologi.


Program belajar  selama 4 bulan ini menggunakan Student Center e-Learning Environtment (SCELE) dari Universitas Indonesia https://scele.ui.ac.id.  Pembelajaran mengenai Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi (ATPI) diampuh oleh 3 pengajar :

  1. Arie Nugraha, S. Hum, M.T.I (Universitas Indonesia) 
  2. Muhammad Azwar, M. Hum (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  3. M. Hanif Imanullah, MS (Universitas Indonesia)   

Pembelajaran ini memberikan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengembangkan aplikasi sistem informasi untuk lembaga informasi dan dalam rangka penyebaran informasi, sehingga mahasiswa mampu menerapkan aplikasi ini untuk proses simpan dan temu kembali informasi dalam berbagai bentuk. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menggunakan berbagai perangkat lunak untuk pengelolaan informasi.

Materi yang diajarkan dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut :

  1. Dasar Teknologi Internet dan World Wide Web (WWW)
  2. Web Service
  3. Pengembangan Dokumen Web dengan HTML 5, CSS, dan Bootstrap
  4. Arsitektur Informasi
  5. Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web dengan CodeIgniter (CI)
  6. Database Management System (DBMS)

Berbagai metode dan pendekatan digunakan dalam pembelajaran ini, seperti telekonferens (narasumber Arie Nugraha berada di Jepang), diskusi online, kuis online, dan pengumpulan projek yang semua kegiatan pembelajaran menggunakan SCELE berbasis Moodle. Hampir setiap minggu mahasiswa berkumpul di ruang kelas untuk mendapatkan bimbingan teori dan praktikum dari narasumber yang saat ini lagi kuliah S3 di University of Tsukuba Jepang. Asisten dan tutor ikut mendampingi proses belajar mahasiswa di dalam kelas.

Di akhir pembelajaran, mahasiswa mengerjakan projek mendesain dan membuat aplikasi berbasis web menggunakan framework Code Igniter, framework Bootsrap dan pangkalan data menggunakan SQLite.

Alhamdulillah, pembelajaran selama satu semester berjalan dengan lancar. Mahasiswa merasa senang sekali mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang saat ini sangat dibutuhkan di dunia kerja. Belajar ATPI menggunakan SCELE ini menjadi pengalaman tak terlupakan. Semoga kerja sama seperti ini tetap terjalin di masa mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *