Upgrading dan Pelatihan Pengelolaan SLiMS di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Pertama kali menginjakkan kaki di kota Jambi merupakan pengalaman yang sangat mengesankan buat saya. Kegiatan kali ini diawali oleh undangan seorang sahabat saya saat menempuh S2 Ilmu Perpustakaan di UI, kami biasa memanggilnya dengan Bang Isnaini.    

Ada 2 kegiatan dilakukan yaitu melakukan upgrading dan pelatihan pengelolaan SLiMS. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, tepatnya Senin dan Selasa, 26 – 27 Agustus 2019 bertempat di Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Apa saja yang dimaksud dengan Upgrading di sini ? penasaran yah 😂 Oke, mari sedikit kita bahas soal Upgrading yah Upgrading adalah mengupgrade versi SLiMS versi lawas ke versi terbaru. Tepatnya dari versi 7 Cendana ke versi 8.4.2 Akasia. Kenapa harus Upgrading ? Nah ini menarik untuk dibahas.

Upgrading suatu aplikasi itu dibutuhkan karena beberapa alasan, di antaranya adalah :

  1. Kebutuhan penambahan fitur-fitur baru 
  2. Meningkatkan tingkat keamanan suatu aplikasi
  3. Meningkatkan tampilan (user interface) suatu aplikasi
  4. Meningkatkan performa suatu aplikasi

Selain upgrading, juga diadakan pelatihan pengelolaan SLiMS atau Senayan Library Management System yang diadakan di hari kedua. Pada kesempatan ini dibahas beberapa materi, seperti standarisasi penginputan metadata di SLiMS versi Akasia, Copy Cataloguing, Tajuk Subjek Online Perpusnas dan penggunaan fitur-fitur tambahan dan hasil modifikasi.

Peserta yang hadir adalah para pustakawan dan pengelola di perpustakaan pusat maupun di perpustakaan fakultas di lingkungan UIN Jambi. Alhamdulillah mereka sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan dan skill mereka mengenai sistem otomasi SLiMS. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *